Untuk realisasi RPPS Tahun 2017/2018 MPB memilih dua kegiatan asosiasi. Dua pilihan itu berupa keikutsertaan dalam Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiah (APPPTMA) dan Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra (PIBSI). Dalam APPPTMA yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Parepare, Sulawesi Selatan itu MPB mengirim Prof. Dr. Markhamah, M. Hum. Dan Dr. Atiqa Sabardila, M. Hum. Disajikan 2 artikel untuk dipresentasikan dalam konferensi itu, yakni “Perbandingan Karakter Nabi pada Teks Terjemahan Alquran” dan “Mahfudhat sebagai Sumber Nilai: Dari Santri untuk Negeri”. Dalam kegiatan yang dilaksanakan 2 hari ini (8-9 September 2019), selain presentasi, difasilitasi klinik untuk artikel di jurnal bereputasi.

Adapun dalam kegiatan PIBSI ke-39, yang diselenggarakan di FIB UNDIP juga mengirim penyaji yang sama. Disajikan artikel ““Peran Sintaksis Satuan Lingual Beradverbia Penanda Jumlah pada Teks Terjemahan Al-Quran” oleh Prof. Dr. Markhamah dan sajian poster “Humor di Media Sosial di Indonesia” oleh Dr. Atiqa Sabardila.

Pertemuan Ilmiah Bahasa dan Sastra Indonesia yang dilaksanakan 7-8 November 2017 itu mengangkat peran strategis bahasa, sastra, dan filologi Indonesia menghadapi transformasi budaya media massa di era global. Pilihan tema itu diselaraskan dengan kondisi masyarakat Indonesia. Perkembangan media sosial telah menggerakan ilmuwan di bidang humaniora untuk mengangkat topik-topik tentang peran media.

 

Tags: , ,