Mahasiswa baru MPB, khususnya konsentrasi Bahasa Indonesia mengikuti perkuliahan Teori Linguistik yang disampaikan Prof. Dr. Markhamah, M. Hum. Kuliah dilaksanakan Sabtu, 24 Februari 2018 pukul 13.30 – 17.30 WIB. Kesan mereka mengikuti kuliah S1 di MPB adalah mendapatkan pengetahuan baru di bidang kebahasaan, kesastraan, dan pengajarannya. Mereka bisa lebih fokus mempelajari persoalan bidang humaniora tersebut. Kelas nyaman karena jumlah mahasiswa sedikit.

Kecuali itu, untuk urusan konsumsi mereka tidak perlu keluar jauh-jauh karena di lantai 4 juga makanan sudah disediakan pihak Sekolah Pascasarjana. Soal waktu yang harus berbagi dengan pekerjaan kantor (: mengajar di sekolah) dapat dikelola dengan baik. Jika ingin membaca dan kopi makalah, perpustakaan dan rental juga tidak perlu pergi jauh-jauh karena di lantai 3 sudah tersedia sehingga mereka dapat berkonsentrasi langsung ke tugas-tugas perkuliahan.

Situasi seperti itu akan semakin menguntungkan bagi mereka yang sudah bekerja. Soal macet di jalan dan hujan sering menjadi kendala yang mengurangi kelancaran beraktivitas, baik ketika mau kuliah maupun ketika mengerjakan pekerjaan rutin mengajar.

Paduan ruang kuliah, mushola, perpustakaan, rental, dan fasilitas tempat makan yang menyatu merupakan kondisi nyaman yang mulai mereka rasakan pada semester awal ini. Semoga kenyamanan ini mempercepat penyelesaian tesis mereka.