Malam sebelum pewisudaan mahasiswa UMS, yakni bakda Maghrib (: 18.30 WIB) 14 September 2018, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Program S2), mahasiswa asing yang sudah lulus dan yang sedang masa studi, berkumpul di lobby gedung Sekolah Pascasarjana untuk melaksanakan acara “Temu (dan) Sambut” mahasiswa asing MPB. Dua mahasiswa itu berasal dari nagara yang berbeda. Satu dari Mesir; satunya lagi dari Uzbekistan. “Adik baru” mereka dua orang yang keduanya berasal dari Thailand Selatan.
Hend Farouk, mahasiswi MPB dari Mesir, adalah wisudawan terbaik yang mendapat predikat kelulusan Cum Laude. Hend, panggilan akrabnya, mendapatkan IPK 3, 93.
Dalam kegiatan “Temu (dan) Sambut” Hend amat bahagia karena ibu dan adiknya datang dari Mesir, Negeri Seribu Menara, Negeri Para Nabi, Negeri Piramida, atau Ummuddunya ‘Ibu Dunia’ atau pusat peradaban dunia pertama.
Selain MPB, ada beberapa mahasiswa Thailand yang berkonsentrasi di program lain, seperti Psikologi, MPDI, MAP, dan MM. Keberhasilan mereka menyelesaikan studi di UMS memberikan bukti semakin kondusifnya iklim akademik. Selamat untuk mahasiswa asing yang memutuskan “tambatan akademik” di Kampus Walidah ini. Semoga keberhasilan yang sama dapat Saudara raih.