Kerjasama dengan Balai Bahasa Jawa Tengah untuk Konferensi Internasional

Alhamdulillahirabil’alamin. Ucapan syukur kepada Allah SWT sebagai wujud syukur atas terselenggaranya The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching dengan tema “Revitalizing Literacy Culture”. Seminar nasional ini diselenggarakan oleh Program Magister (S2) Pengkajian Bahasa, Program Studi (S1) Pendidikan Bahasa Indonesia, dan Program Studi (S1) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta bekerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Tengah sebagai agenda tahunan yang diharapkan mampu memberi kontribusi terhadap peningkatan kualitas kajian terhadap bahasa, sastra, dan pengajarannya.

Penyelenggaraan seminar ini berangkat dari latar belakang bahwa konsep literasi, secara tradisional, selalu berhubungan dengan kemampuan baca-tulis. Padahal, tidak selalu demikian. Menurut konsep ini, aspek paling mendasar yang sangat berpengaruh untuk mengembangkan kemampuan literasi adalah membangun budaya membaca, yaitu kemampuan untuk memahami bacaan secara mendalam. Jika kemampuan membaca bisa dikembangkan secara baik, seseorang akan memiliki kemampuan literasi yang optimal. Dengan kemampuan membaca yang baik, seseorang dapat menganalisis dan menyerap informasi dengan baik, menyusun kesimpulan dengan baik, dan menganalisis informasi secara kritis. Selain itu, mereka juga dapat memanfaatkan ilmu pengatahuan sebagai landasan dalam membuat keputusan lebih bijak, mengembangkan pemikiran kreatif, serta mengembangkan kemampuan menulis yang baik.
Dalam seminar internasional ini, kami mengundang 5 pemakalah utama dari berbagai negara dan 160 pemakalah pendamping. Kelima pemakalah utama adalah Prof. Dr. Sue Shore dari Charles Darwin University School of Education (Australia), Assoc. Prof. Grace Oakley dari Australian Literacy Educators’ Association (Australia), Svenja Völkert dari Deutcher Akademischer Austauschdienst (DAAD) Jerman, Pangesti Wiedarti, Ph.D. dari Universitas Negeri Yogyakarta (Indonesia) dan Prof. Dr. Endang Fauziati dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (Indonesia). Sementara itu, ke-160 pemakalah pendamping dalam seminar ini berasal dari berbagai institusi, baik sekolah, lembaga penelitian, maupun perguruan tinggi. Para pemakalah pendamping ini berasal dari India, Saudi Arabia, dan dari Indonesia yang mencakup Provinsi Nangroe Aceh Darussalam, Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara.

Sebagai hasil dari seminar nasional ini, seluruh makalah diterbitkan dalam bentuk prosiding dan dipublikasikan secara online dalam publikasi ilmiah UMS yang terindeks portal Garuda. Akhirnya, kami menghaturkan ucapan terima kasih atas peran serta Bapak/Ibu/Saudara, baik sebagai pemakalah maupun sebagai peserta dalam kegiatan seminar ini. Kami menyadari bahwa kegiatan ini memiliki kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu, permohonan maaf kami sampaikan apabila ada ketidaknyamanan dalam kegiatan seminar. Kami menerima saran dan kritik sebagai bahan pertimbangan demi semakin baiknya kegiatan serupa pada tahun-tahun mendatang.

Magister Pengkajian Bahasa © 2016 CAKAP