Standar Kompetensi Lulusan

Standar Kompetensi Lulusan
Program S2 Magister Pengkajian Bahasa Pascasarjana UMS diharapkan memiliki kualifikasi kompetensi, baik yang bersifat utama, pendukung, maupun yang lainnya.

Program S2 Magister Pengkajian Bahasa Pascasarjana UMS diharapkan memiliki kualifikasi kompetensi, baik yang bersifat utama, pendukung, maupun yang lainnya.

A. Kompetensi Utama

Kompetensi utama yang perlu dimiliki lulusan Program S2 Magister Pengkajian Bahasa Pascasarjana UMS adalah mencetak pendidik profesional dalam bidang bahasa-sastra Indonesia dan Inggris, dan menghasilkan   tenaga ahli profesional yang memiliki kemampuan manajerial sehingga mampu mendesain, melaksanakan dan mengevaluasi berbagai program pendidikan bahasa-sastra Indonesia dan Inggris yang lebih luas dan mampu mengambil langkah tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi tersebut.

Untuk mencapai kompetensi utama tersebut diperlukan kompetensi-kompetensi  berikut.

  1. Menguasai linguistik dan ilmu sastra tingkat lanjut dan mampu mengaplikasikannya dalam pengajaran bahasa-sastra sastra Indonesia dan Inggris.
  2. Memiliki kompetensi berbahasa dan bersastra baik secara lisan maupun tertulis sehingga menjadi model di lingkungannya. 
  3. Memiliki kemampuan  yang baik dalam mendesain dan mengembangkan kurikulum, materi ajar, dan alat evaluasi   serta menerapkannya dalam pembelajaran.
  4. Memiliki kemampuan mengajar bahasa-sastra Indonesia dan Inggris dengan berbagai pendekatan/metode/teknik yang  inovatif.
  5. Memiliki kemampuan mengevaluasi proses dan hasil belajar mengajar pendidikan bahasa-sastra Indonesia dan Inggris dalam berbagai jenis dan tingkatan dan mengambil tindak lanjut berdasarkan hasil evaluasi tersebut.
  6. Memiliki kemampuan penelitian tingkat lanjut khususnya dalam bidang pengajaran bahasa-sastra Indonesia dan Inggris.
  7. Memiliki kemampuan mengkomunikasikan hasil-hasil pengembangan ilmu di bidang pendidikan bahasa-sastra Indonesia dan Inggris.
  8. Memiliki kemampuan reflektif sehingga menjadi praktisi yang mampu melihat kekurangan dan kelebihan diri guna meningkatkan kinerjanya

B. Kompetensi Pendukung

Kompetensi pendukung yang perlu dimiliki lulusan Program S2 Magister Pengkajian Bahasa Pascasarjana UMS antara lain keterampilan mengembangkan bahan ajar bahasa-sastra Indonesia/Inggris  berbasis keislaman.

NO NAMA MATA KULIAH SKS
1 Filsafat Ilmu 3
2 Teori Linguistik 3
3 Teori Sastra 3
4 Metode Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra 3
5 Kajian Budaya 3
6 Kurikulum dan Pengembangan Bahan Ajar 3
7 Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra 3
8 Pengkajian Sastra 3
9 Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra 3
10 Keterampilan Berbahasa (Menulis dan Berbicara) 3
11 Psikolinguistik/ Pragmatik/ Stilistika/Analisis Wacana/Linguistik terapan*) 3
12 Seminar Proposal Tesis 3
13 Tesis 6
* Mata kuliah pilihan
Magister Pengkajian Bahasa © 2016 CAKAP